• SMK BPS&K II BEKASI
  • Menjadi Sekolah Unggul Dengan Pelayanan Terbaik

Kompetensi Keahlian

1. Multimedia

Mengikuti perkembangan teknologi, media pun kini hadir dalam berbagai bentuk. Mulai dari media cetak hingga media digital, semua jenis media bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan pemasaran. Beragam jenis media inilah yang menjadikan peluang kerja jurusan multimedia terbuka lebar.

Seputar Jurusan Multimedia

Multimedia merupakan bidang yang berkaitan dengan penggunaan berbagai media untuk menyampaikan informasi ke publik, termasuk media digital dan media cetak. Jurusan ini umumnya sangat luas dan berkaitan dengan banyak hal, tergantung apa yang kamu minati dan dalami. Materi yang dipelajari pun sangat beragam, mulai dari televisi, ilmu film, jurnalisme, produksi video, media interaktif, hingga animasi komputer. Selain teori, tentunya bidang ini akan memberikan praktik seperti membuat website, membuat dan mengedit video, desain grafis, membuat animasi, dan membuat konten lainnya untuk berbagai jenis media.

Prospek Kerja Jurusan Multimedia

Web Designer

Posisi ini membutuhkan gabungan kemampuan desain & programming. Desain digunakan untuk membuat layout website dan kemampuan programming berguna untuk meng-coding websiteWeb designer juga bertanggung jawab untuk memperbarui konten dan desain website apabila dibutuhkan. Ingin bekerja sebagai web designer? Kamu bisa bergabung dengan perusahaan startup yang berkaitan erat dengan teknologi.

Graphic Designer

Graphic designer atau desainer grafis bertanggung jawab membuat desain untuk keperluan publikasi di media cetak, website, poster, kemasan produk, serta membuat identitas visual untuk keperluan branding perusahaan. Alur kerja biasanya dimulai dari brief yang diberikan oleh klien, creative director, atau account manager, dan desainer grafis akan mengembangkan konsep kreatif sesuai brief dan tujuan yang sudah diberikan. Selain tantangan untuk bisa melahirkan ide-ide kreatif, desainer grafis juga dituntut untuk bisa bekerja dengan cepat dengan deadline yang ketat.

Hampir setiap jenis perusahaan membutuhkan seorang desainer grafis, karena itu peluang kerjanya bisa dibilang cukup terbuka lebar. Kamu yang berminat menjadi desainer grafis bisa bekerja di agency untuk menangani klien, ataupun bekerja di perusahaan klien itu sendiri sebagai in-house graphic designer. Dalam tim, desainer grafis juga diharuskan untuk bekerja dengan copywriter, fotografer, ataupun staf account.

Animator/Illustrator

Peluang Kerja Jurusan Multimedia

Kedua pekerjaan ini sama-sama membutuhkan daya imajinasi yang tinggi. Illustrator menggabungkan seni, desain, dan kreativitas untuk menghasilkan gambar visual orisinil untuk berbagai produk dan media. Biasanya, setiap illustrator memiliki ciri khas dan gayanya sendiri yang membedakan karya mereka dari illustrator lain.

Lain lagi dengan animator. Pekerjaan ini melibatkan seni membuat gambar bergerak atau animasi dalam bentuk 2 dimensi (2D) ataupun 3 dimensi (3D).Karya para animator bisa digunakan untuk film, iklan, video, websitegames, dan banyak media lainnya.

Interactive Media Designer

Interactive media designer bertanggung jawab untuk membuat desain interaktif yang melibatkan teks, data, grafis, suara, animasi, dan efek visual lainnya. Pekerjaan ini dibutuhkan untuk membuat websitegames, materi pembelajaran online, dan lainnya. Peran ini biasanya mirip dengan software developer, sehingga tak jarang juga mereka dibutuhkan untuk membuat produk dengan mengkoding dan mengetes keseluruhan fungsi produk yang dibuat.

Game Modeler/Designer

Passion dengan game bisa disalurkan menjadi pilihan karier, salah satunya yaitu dengan menekuni pekerjaan sebagai game modeler atau game designer. Posisi ini mencakup berbagai lingkup pekerjaan, seperti aturan, latar, alur cerita, karakter, properti, dan cara bermain game. Di Indonesia, ada lho beberapa universitas yang menawarkan jurusan dan peminatan gaming. Beberapa di antaranya yaitu Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Politeknik Elektro Negeri Surabaya (PENS).

Selain peluang kerja yang luas, perusahaan yang bisa dijadikan tempat kerja pun tidak kalah variatif. Lulusan multimedia bisa bekerja di berbagai industri dan jenis perusahaan, agensi hingga startup. 

2. Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Akuntansi bisa jadi merupakan salah satu jurusan paling populer yang dipilih karena prospek kerjanya. Nyatanya, lulusan akuntansi dibutuhkan oleh banyak jenis perusahaan di berbagai industri, mulai dari lembaga pemerintah, perusahaan startup, lokal, hingga multinasional. Jenjang kariernya pun jelas hingga posisi tinggi. Karena itu, tak heran jurusan ini masih banyak dijadikan pilihan oleh anak muda.

Meskipun sepintas lingkupnya terlihat sempit dan sama-sama bermain dengan angka, namun jangan salah nih! Ternyata lulusan akuntansi memiliki prospek kerja yang beragam dengan lingkup yang sangat bervariasi. Sebelum kamu memutuskan untuk terjun ke jurusan akuntansi, ada baiknya kamu mengetahui beberapa prospek kerjanya yang cukup menjanjikan berikut ini. Simak, yuk!

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Akuntan Publik

Akuntan publik merupakan akuntan yang mengantongi izin resmi dari Menteri Keuangan untuk memberikan jasa akuntan publik di Indonesia. Pekerjaan ini memberikan jasa akuntan untuk setiap pengguna jasa, bisa berupa badan usaha misalnya. Lingkup kerjanya pun cukup luas, meliputi audit, pemeriksaan dan pembuatan laporan keuangan, membantu di sektor perpajakan, hingga memberikan saran dan masukan untuk pihak manajemen. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa kantor akuntan publik (KAP) yang cukup bergengsi, misalnya 4 firma akuntansi terbesar di dunia: Deloitte, PwC, Ernst & Young, dan KPMG. Bicara soal gaji, seorang akuntan publik dengan status fresh graduates biasanya bisa mengantongi mulai dari 5 juta per bulan. Apa kamu bercita-cita untuk bekerja di The Big Four?

Auditor

Selain bekerja di kantor akuntan publik dan menangani klien, para lulusan akuntansi juga bisa bekerja sebagai akuntan internal. Akuntan internal merupakan seorang akuntan yang bekerja untuk satu perusahaan, bukan dengan klien atau pengguna jasa di luar perusahaan tempatnya bekerja. Salah satu posisi yang tersedia yaitu sebagai auditor. Posisi ini memiliki tanggung jawab untuk meninjau dan memperbaiki laporan keuangan perusahaan, serta memberikan saran perbaikan terkait operasional perusahaan yang berkaitan dengan regulasi keuangan. Dibandingkan dengan auditor yang bekerja di KAP, auditor internal cenderung memiliki gaji yang lebih tinggi, yaitu mulai dari 6 jutaan per bulan di tahun pertama.

Analis Keuangan

Lebih dari sekadar memeriksa angka, seorang analis juga harus pandai dalam membaca data dan mengambil keputusan terkait masalah keuangan. Analis keuangan diharapkan memiliki pemahaman mendalam seputar faktor-faktor yang terkait kondisi ekonomi perusahaan, seperti program investasi, perkiraan prospek ekonomi, hingga penyusunan strategi keuangan suatu lembaga. Pendalaman profesi ini bisa ditempuh dengan mengikuti program sertifikasi profesional untuk mendapatkan gelar CFA atau Certified Financial Analyst.

Konsultan Pajak

Perpajakan merupakan salah satu cabang peminatan di kuliah jurusan akuntansi. Nah, jika kamu memilih peminatan satu ini, kamu bisa menempuh karier yang berkaitan dengan pajak, misalnya sebagai konsultan pajak. Konsultan pajak bertanggung jawab untuk memberikan jasa konsultasi terkait perpajakan. Pihak yang menerima konsultasi tak lain tak bukan adalah para wajib pajak, yang akan melaksanakan kewajibannya untuk membayar pajak sesuai aturan undang-undang.

Untuk bisa mendapatkan izin praktik sebagai seorang konsultan pajak, ada ujian sertifikasi konsultan pajak atau USKP yang perlu dilalui. Ujian ini diselenggarakan oleh Ikatan Konsultan Pajak Indonesia. Siapa pun yang telah lulus ujian ini akan mendapatkan sertifikasi profesional BAP atau Bersertifikat Akuntan Pajak.

 

Perencana Keuangan

Satu lagi lingkup pekerjaan lulusan akuntansi yang menjual jasa yaitu perencana keuangan. Pekerjaan ini memungkinkanmu untuk memberi saran terkait berbagai rencana keuangan. Terdengar simpel, tapi nyatanya ada banyak sekali faktor yang perlu dipertimbangkan untuk membuat perencanaan keuangan yang baik. Beberapa faktor di antaranya yaitu kondisi ekonomi, gaya hidup, penghasilan, tujuan hidup, prioritas, serta tujuan finansial. Tidak haya selesai dengan memberi saran, seorang perencana keuangan juga akan memantau dan memonitor kondisi finansial klien serta memberikan solusi saat ada masalah yang muncul.

Akuntan Pemerintah

Kamu yang memiliki cita-cita untuk menjadi pegawai negeri tidak perlu khawatir untuk mengambil jurusan akuntansi. Nyatanya, berbagai instansi pemerintahan di berbagai tingkat juga membutuhkan jasa seorang akuntan. Salah satu lembaga pendidikan pemerintah yang terkenal yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau STAN. Dengan menempuh pendidikan di sini, kamu akan dijamin bisa bekerja di berbagai kementerian dan lembaga pemerintah, seperti Kemenko Perekonomian, Kemenko Maritim, Kementerian Perhubungan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian PAN RB, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Narkotika Nasional (BNN), dan juga Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

 

Nah, itu dia berbagai prospek kerja dari lulusan akuntansi.Meskipun berhubungan dengan keuangan dan deretan angka, namun lingkup kerjanya sangat beragam dan terdengar menantang, bukan? Kamu yang bercita-cita sebagai akuntan juga bisa meniti karier di berbagai lembaga sesuai dengan minat, seperti instansi pemerintah dengan status PNS hingga perusahaan startup dengan budaya kasual dan modern.

3. Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

Kamu yang teliti dan senang mengorganisir segala hal akan cocok untuk bekerja di bidang administrasi perkantoran atau yang dikenal juga dengan istilah kesekretariatan. Jabatan khusus yang menyangkut pekerjaan ini yaitu sekretaris atau staf administrasi. Sederhananya, administrasi perkantoran adalah pekerjaan yang berhubungan dengan pengelolaan data untuk memastikan kelancaran aktivitas di sebuah organisasi.

Pendidikan Staf Administrasi Perkantoran

Untuk bisa menjadi staf administrasi perkantoran, ada beberapa jenjang pendidikan dan program studi yang bisa ditempuh. Jenjang pendidikan yang sesuai untuk pekerjaan ini yaitu SMK Sekretaris, Akademi Sekretari, dan program studi Administrasi Perkantoran dan Sekretari untuk jenjang sarjana (S1).

Lingkup Pekerjaan Staf Administrasi Perkantoran

Pekerjaan administrasi perkantoran tidak hanya dibutuhkan di ruang lingkup yang besar, tetapi juga di sebuah divisi suatu organisasi. Dalam lingkup yang umum, sekretaris direktur termasuk sebagai salah satu pekerjaan administrasi perkantoran.

Secara garis besar, sekretaris bertugas untuk mengatur, menyusun, mengelola, mengarsip, dan mengorganisir data (seperti jadwal dan dokumen misalnya); sebagai perantara antara pihak eksternal dengan pimpinan; mewakili perusahaan untuk berhubungan dengan pemangku kepentingan; memberikan ide dan masukan; serta menjadi mediator pimpinan dengan bawahan.

Selain sekretaris, ada juga pekerjaan administrasi yang dikhususkan untuk membantu suatu divisi, seperti admin HR, admin penjualan, admin IT, admin ekspor impor. Dari segi pekerjaan, semua staf administrasi kurang lebih memiliki tugas yang sama, yaitu mengarsip, mengagendakan, mendata, menyiapkan, mengatur, dan menyusun berbagai jenis data; seperti surat-surat hingga penjadwalan.

Keahlian yang Harus Dimiliki oleh Staf Administrasi Perkantoran

Terdengar mudah? Jangan menyepelekan dulu. Pekerjaan sebagai staf administrasi perkantoran membutuhkan sikap dan keahlian khusus yang sebaiknya kamu kuasai. Beberapa keahlian tersebut meliputi:

 

Profesional

Sikap satu ini memang tidak hanya dibutuhkan oleh staf administrasi, melainkan juga jenis pekerjaan lain. Nah, khusus di pekerjaan administratif, kamu akan dituntut untuk profesional dalam berhubungan dengan atasan, pemangku kepentingan (stakeholder), hingga staf lainnya. Bedakan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi agar kamu bisa menghadapi hal dengan lebih objektif.

Teliti

Karena banyak berurusan dengan data dan dokumen yang detail, staf administrasi diharapkan bisa teliti dalam menyelesaikan setiap pekerjaannya. Jika tidak, kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal dalam perusahaan. Contoh sederhananya, bayangkan kamu adalah seorang admin HR yang bertugas mengurus dokumen karyawan baru dan salah mengetik nominal gaji di kontrak kerja. Kesalahan kecil yang terlihat sepele ini tentu bisa merugikan perusahaan, bukan?

Multitasking

Staf administrasi perkantoran tidak hanya memiliki satu jenis pekerjaan saja. Seperti yangs udah dijabarkan di atas, ada banyak hal yang perlu dilakukan oleh staf admin dalam pekerjaan sehari-harinya. Pekerjaan ini menuntutmu untuk bisa multitasking dan menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan. Misalnya, seorang sekretaris yang harus mengatur jadwal dan menyiapkan dokumen untuk meeting, atau staf admin HR yang harus menyeleksi CV dan mengatur jadwal wawancara.

Bukan berarti kamu harus bisa mengerjakan 2 hal dalam waktu yang bersamaan, namun ada baiknya apabila kamu bisa memanfaatkan waktu seoptimal mungkin untuk menyelesaikan berbagai kewajiban sesuai tenggat waktu yang diberikan.

Kemampuan Mengorganisir yang Baik

Sebagian kecil lingkup pekerjaan staf administrasi yaitu menyusun hingga mengarsipkan data. Untuk mengerjakan tugas ini dengan baik, tentunya kamu harus memiliki kemampuan penataan yang baik. Selain itu, kerapian juga menjadi nilai tambah tersendiri untuk menjadi pekerja administrasi perkantoran, lho

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Profil

SMK BPS&K II Bekasi telah dberdiri dari tahun 1990an berlokasi di Jl. Lelle II No. 20 A Perumnas II Bekasi, awal berdiri hanyalah sekolah kecil, dengan semangat ingin mandiri. Sekol

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 206 kali
Visi dan Misi

Visi Menjadi Sekolah Yang Unggul dalam Teknologi Informasi, Berkarakakter dan Berakhlak Mulia  Misi 1. Menanamkan Imam dan Taqwa serta sikap berkepribadian baik. 2. Membekali kemam

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 121 kali